TOPIKKITA.COM | BANDUNG – Para Tokoh Agama Kota Bandung, Jawa Barat, berkumpul melakukan diskusi/Webinar untuk melakukan pencegahan berkembangnya aliran Khilafah yang di inisiasi oleh Ormas HTI diwilayah Kota Bandung, dimana salah satu warga Bangka Belitung (Babel) sudah terpapar aliran  Khilafah HTI dan menjabat sebagai ketua HTI Babel yakni saudara Ayi Heriansyah beserta keluarganya. Para tokoh agama dan masyarakat harus bersikap merangkul, karena saudara kita yang sudah terpapar aliran Khilafah HTI sudah kembali kejalan yang benar. HTI jelas dilarang oleh pemerintah, kita sikapi dengan lapang dada dan kepala dingin. (06/10).

“Saudara Ayi Heriansyah dan keluarganya merupakan salah satu warga Babel. Kami tidak mengetahui kalau saudara Ayi Heriansyah ikut Khilafah HTI yang dilarang oleh pemerintah Indonesia. Masalah tersebut merupakan kesalahan kami para tokoh agama, karena kurangnya komunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat setempat sehingga diharapkan kepada masyarakat Jawa Barat merupakan mayoritas muslim yang sudah lama terjalin toleransi yang baik antar umat agar bersikap untuk bisa kembali lagi kepada Islam yang sesunggguhnya dan kita tanggapi dengan kepala dingin agar tidak meluas kepada masalah lain,” Tegas Ketua Gerakan Muda Nahdlotul Ulama (GMNU) Jawa Barat, KH. Rd. Chevy Hibbatullah AM.

Diketahui juga bahwa kita sudah malakukan kominikasi dan mediasi kepada saudara Ayi Heriansyah dan keluarganya untuk kembali kepada Islam yang benar. Pihaknya juga terbuka untuk memberikan pemahaman terkait sepak terjang HTI yang dianggap salah kaprah, makanya dilarang pemerintah dan tidak sesuai agama Islam.

“Kita sudah komunikasikan kepada semua pihak terkait dan kita sepakati untuk rencana melakukan acara Webinar/Diskusi kepada saudara Ayi Heriansyah untuk kembali ke syariat Islam sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW serta memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait Khilafah HTI. Kami berharap untuk bisa kembali lagi sesuai syariat umat Islam,” Ungkap Ustad Zihad Ahmad, ketua IPNU Jawa Barat.

Dalam acara Diskusi/Webinar serta pertemuan bersama tokoh agama, saudara Ayi Heriansyah sepakat untuk kembali keaturan Islam yang sesungguhnya, dimana komitment tersebut dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas Indonesia serta menyakini dan bersaksi kepada Tuhan dan Rosulnya sesuai ajaran umat Islam, serta mengakui kesalahannya sudah mengikuti ajaran/aliran Khilafah HTI yang dilarang oleh pemerintah dan umat Islam.

Dengan adanya acara Diskusi/Webinar bersama segenap tokoh dan pihak yang terkait dengan tema  : “Membentengi Generasi Muda dari Paham Khilafah HTI”, dapat disimpulkan bahwa yang terjadi terkait rencana pergerakan kelompok eks HTI yang berasal dari luar negeri merupakan pergerakan untuk menggulingkan pemerintah yang Sah.

Adapun pesan moral yang dapat di terima, bahwasanya masyarakat harus hati-hati dengan sepak terjang kelompok eks HTI dimana pergerakannya masuk diberbagai lini tempat pendidikan dengan sasaran mahasiswa, dosen, politikus dan orang awam dalam pemahaman masalah Agama Islam. (Red)