TOPIKKITA.COM | JAKARTA – Sekelompok masyarakat yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Tamansari Bersatu (AMTB) melakukan unjuk rasa didepan kantor Komnas HAM Jakarta. Mereka menyuarakan tuntutan atas dampak adanya proyek Pembangunan Rumah Deret. Kamis (16/1/2020). Mereka adalah warga Kelurahan Taman Sari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Melalui orasinya, warga meminta kepada Komnas HAM untuk bisa memperjuangkan Hak Azasi mereka, yaitu hak mendapatkan tempat tinggal dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

10 orang perwakilan dari AMTB dengan juru bicara Yoyo, seorang warga mantan ketua RW 11 Taman Sari, diterima oleh pihak Komnas HAM dan diwakili oleh Nurjaman dalam proses audiensi.

“Kami memohon kepada Komnas HAM agar dapat memperjuangkan hak kami. Kami ingin hidup layak, mendapat hunian yang layak juga kepada pemerintah agar bisa objektif terhadap permasalahan yang kami hadapi,” ujar Yoyo kepada Komnas HAM.

Jujun, mantan ketua RT 05 turut menyampaikan, “Adapun terkait adanya kericuhan yang terjadi di Taman Sari, itu adalah bukan warga Taman Sari,”

Hamdani, mantan RT 07 juga andil bersuara, “Proses pembangunan rumah deret agar segera dilaksanakan,” tuturnya.

Komnas HAM yang diwakili Nurjaman mengatakan, “Komnas HAM akan memberi rekomendasi dalam permasalahan ini, tapi yang akan memberi kebijakan tetap pemerintah kota,” jawabnya.

“Kami terima aduan ini sebagai bahan investigasi. Kami akan objektif sesuai fakta dalam penangan masalah ini dan menjadi bahan pertimbangan untuk Komnas HAM,” tandas Nurjaman.

Usai lakukan audiensi, kemudian warga bergerak menuju gedung DPR RI untuk melakukan orasi menyampaikan suaranya. *(red)