TOPIKKITA.COM | BEKASI – Berbagai cara digunakan untuk menghindari wabah covid 19, salah satunya yang dilakukan petugas PSM (pekerja sosial masyarakat) Desa Cibatu
dan TKSK atau tenaga kesejahteraan sosial masyarakat Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dengan memperketat dan mengutamakan protokol kesehatan bagi para penerima dan pemberi bantuan yang diberikan oleh Kementrian Sosial di tahap sepuluh.

Dibantu petugas kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polsek Cikarang Selatan, pemberian bantuan sosial tunai tahap sepuluh dari kementrian sosial dilakukan petugas PSM dsn TKSK di kantor Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum dilakukan pembagia, para penerima dan pemberi bantuan terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk kedalam kantor desa, kemudian satu persatu diminta untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang telah disediakan petugas.

Kemudian baik para penerima maupun pemberi bantuan dari Kementerian Sosial langsung duduk dengan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Usai menerima bantuan, warga yang mendapatkan tidak diijinkan untuk berkumpul, dan langsung diminta untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.

“kami petugas, benar benar menerapkan protokol kesehatan dalam memberikan bantuan sosial tunai tahap sepuluh dari kementerian sosial kepada warga masyarakat yang mendapatkan”, ujar ketua PSM Desa Cibatu, Titin Fatimah. Minggu (10/01/2021).

“Selain menerapkan prokes, kami petugas PSM dibantu petugas TKSK Kecamatan Cikarang Selatan dan petugas Bhabinkamtibmas Polsek Cikarang Selatan, juga memberikan edukasi kepada warga untuk selalu menetapkan 4 M dalam keseharian dan beraktifitas, dengan tujuan memutus mata rantai wabah Covid -19”, lanjut Titin.

Hal senada di lontarkan Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSK), Nerly Lionita, S.psi., yang ikut mendampingi penerima bantuan sosial tahap 10 melalui kantor pos Cikarang.

“Prosedur ketat protokol kesehatan benar-benar serius dilakukan petugas PSM Desa Cibatu kepada warga penerima yang datang untuk mendapatkan bantuan. Tanpa terkecuali saya sendiri juga harus mengikuti Prokes agar dapat memutus mata rantai wabah covid 19 di Desa Cibatu khsusunya”, ujar ketua TKSK Nerly Lionita.

“saya berharap hal serupa tidak hanya dilakukan Desa Cibatu, tapi juga di contoh desa lainnya di Kecamatan Cikarang Selatan khususnya dan diseluruh Desa di Kecamatan yang berada di Kabupaten Bekasi pada umumnya” pungkasnya.

BACA JUGA :  BIN Bekerjasama Dengan Pemdes Karangsari Lakukan Vaksinasi Dengan Cara Door To Door Sambil Bagikan Sembako