TOPIKKITA.COM | BEKASI – Turap yang berada di bantaran sungai Cibe’et Kampung Nanggewer RT 01/01 Desa Labansari, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, di duga longsor akibat ada aliran deras dari pembuangan air PDAM. Jumat, 12/02/2021.

Ahmad Daru (71) sorang warga setempat mengatakan, “kami sebagai warga sekitar turap yang longsor sangat khawatir pak. Ini menggerus lahan warga dan bisa di saksikan, sisi lahan yang belum longsor sudah retak-retak. Jika tidak segera disikapi bisa mengakibatkan rumah-rumah warga juga ikut longsor. Kami sebagai warga disini juga tidak pernah tahu ada pipa tersebut.

Masih kata Daru, “kejadian longsor ini sekitar malam Jum’at ba’da Isya (11/02/2021), diduga kuat, turap di bantaran kali Cibe’et longsor yang kurang lebih tiga ratus meter ini karena adanya aliran air dari pipa PDAM yang keluar mengalir deras mengarah di turap tersebut. Saya dan warga yang lain juga kaget, ada apa? ternyata turap longsor dan ada gemuruh air deras yang keluar dari pipa. Kami mohon kepada pihak terkait ini segera di sikapi,” keluh Daru, di iyakan para warga.

Sementara itu, Kepala Desa Labansari, Amak Gozali ketika dikonfirmasi oleh awak media topikkita.com, ia menyampaikan melalui pesan WhatsApp seluler, bahwa “turap atau tiang pancang itu sudah ada sejak 10-11 tahun lalu yang dibangun dari anggaran BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), sudah beberapa kali kena banjir. Baru tahun ini 2021 banjir yang paling besar, sehingga mengakibatkan turap tiang pancang amblas dan longsor. Maka dengan ini jangan sampai ini tanah, longsor kembali. Kami mohon, baik itu kepada pemerintah pusat maupun provinsi dan kabupaten dapat membantu memperbaiki kembali,” pinta Kades Amak. (AM)

BACA JUGA :  Marak Maling Ban Mobil, Ketum Benteng Bekasi Himbau Masyarakat Waspada