Pelajaran Sosok Wanita Dalam Al-Qur’an

  • Whatsapp
Gambar : (dok.net)

TOPIKKITA.COM | BEKASI – Terdapat banyak sekali kisah para wanita yang tercatat dalam kitab suci Al-Qur’an yang menjadi hikmah dan pelajaran (ibroh) bagi para kaum muslimin khususnya para wanita muslimah agar diceritakan sebagai contoh dalam meneladani kehidupan yang baik maupun menghindari contoh perilaku yang buruk.

Firman Allah SWT dalam surat Yusuf ayat 111 :

BACA JUGA :


لَقَدْ كَانَ فِيْ قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۗ مَا كَانَ حَدِيْثًا يُّفْتَرٰى وَلٰكِنْ تَصْدِيْقَ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (Al-Qur’an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

Kisah-kisah dalam Al-Qur’an terkait sosok wanita, menggambarkan contoh-contoh para wanita yang teguh imannya maupun yang jatuh dalam jurang kesesatan dan kezaliman.

Istri Raja Fir’aun yang bernama Asiah, merupakan salah satu contoh wanita salehah, mempertahankan keimanan dengan kokoh berani menentang kezaliman dan kekufuran.

Sedangkan istri pembesar Raja Mesir yang sempat melakukan tipu daya fitnah dengan keelokan parasnya kepada Nabi Yusuf ‘Alaihissalam yang juga dilakukan kepada tokoh-tokoh wanita lainnya di kota itu, merupakan contoh dan tindakan wanita yang tipis keimanannya. Namun pada kisah ini diakhiri dengan kesadaran dirinya yang kemudian bertaubat setelah akhirnya dalam beberapa lama Nabi Yusuf dijebloskan dalam penjara oleh suaminya.

Pos terkait