TOPIKKITA.COM | JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan tidak lama lagi kembali membuka seluruh bandara untuk menerima kedatangan jamaah umrah asal mancanegara. Berdasarkan skenario yang ada, pembukaan itu mulai tanggal 14 Maret 2020.

Inilah kabar yang mungkin ditunggu-tunggu oleh para pemangku kepentingan perjalanan ibadah umrah di Tanah Air, khususnya agen travel dan jamaah.

Masa penangguhan kedatangan jamaah umroh oleh Pemerintah Arab Saudi dikabarkan hanya berlaku sekitar dua minggu. Saudi kembali akan menerima kedatangan jamaah umroh mancanegara, termasuk Warga Negara Indonesia, dalam waktu dekat.

Dilansir dari “ManasikNews” Jakarta, terkait hal itu, manajemen maskapai nasional Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines (Saudia), melalui keterangan tertulis yang dirilis pada Jumat (28/02/2020) mengeluarkan pengumuman yang ditujukan kepada kalangan agen travel perjalanan umroh.

Berdasarkan keterangan itu, Saudia Airlines membuka kesempatan bagi agen travel untuk mengurus pengembalian uang tiket (refund) tujuan dari dan ke Arab Saudi (untuk seluruh penumpang pemegang visa umroh), dengan batas akhir pengajuan tanggal 13 Maret 2020.

Dengan demikian, bagi kalangan travel penyelenggara umroh yang memiliki jadwal keberangkatan jamaah di bawah tanggal 13 Maret dapat menjadwal kembali keberangkatan ke periode setelahnya. (Erwin)