TOPIKKITA.COM | BEKASI – Dalam Rangka menyambut hari pahlawan 10 November 2020 Dewan Pimpinan Cabang  (DPC) Front Pembela Islam (FPI) Cikarang Utara bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan sosial donor darah. Giat ini dilaksanakan di kantor sekretariat DPC FPI Cikarang Utara, Jalan Mandor Amad, Kampung Rawa Makmur, RT/RW. 02/01, Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Minggu (08/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan Protokol Kesehatan Covid-19, dengan tema “Merah Darahku Untuk Negeri Indonesia Tercinta”, dengan membawa landasan ayat suci Al Qur’an : “Barang Siapa Yang Memelihara Kehidupan Seorang Manusia Maka Seolah-olah Dia Telah Memelihara Kehidupan Semua Manusia” (Q.S. Al-Maidah : 32).

Ibu Endang Isnaeni selaku Recrutment Donor Darah, unit transfusi darah (UTD) PMI Kab. Bekasi, mengatakan, “alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar dan ada kenaikan jumlah pendonor. Ini event yang ke-2, kalau yang pertama itu dapat 40 kantong darah, kalau yang sekarang 65 kantong darah dan yang ditolak sedikit. Jadi pemahaman tentang donor darah dari temen-temen FPI sudah bagus dan sudah manaik presentasi donor darahnya. Diharapkan untuk acara selanjutnya ini bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Masih tutur Ibu Endang, “jangan takut untuk donor darah dimasa pandemi, karna kita melakukan kegiatan dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 dan juga mempunyai standar operasional prosedur (S.O.P). Jadi jangan takut donor. Yang terpenting mempersiapkan mental dan kesehatannya,” terangnya.

Ustad Muhammad Rudi Woter S.Ag, selaku Ketua DPC FPI Cikarang Utara mengatakan, “Alhamdulillah sebagai agenda rutin, agenda sosial DPC FPI Cikarang Utara yaitu kita mengadakan agenda donor darah triwulan atau pertiga bulan sekali. Alhamdulillah ini respon terbaik dimana yang namanya dakwah itu lebih utama bahkan lebih mengena dengan dakwah sosial. Dalam bahasa agama itu dakwah Bil Hal (dengan perbuatan-red) dengan bukti nyata atau kerja nyata terlebih lagi di bidang sosial,” singkatnya.

Ditempat yang sama, ketua panitia pelaksana Wiwit Purwito juga mengahakan, “ini adalah menjadi salah satu jihad kami untuk membantu sesama, dalam hal orang-orang yang membutuhkan darah. Karena melihat kebutuhan darah disaat pandemi seperti ini memang sangat sulit. Maka kami lakukan kegiatan ini tiga bulan sekali dan kami mengajak seluruh elemen masyarakat baik itu dari organisasi manapun, untuk ikut sama-sama melakukan donor darah karna sangat dibutuhkan donor darah pada saat ini, dengan situasi pandemi seperti ini mengurangi darah yang ada di PMI atau rumah sakit”. Ujar Wiwit. (FA).