TOPIKKITA.COM | KARAWANG – Rombongan para santri Darut Taufiq dari Kabupaten Bekasi tepatnya Kampung Rukem, 01/05, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan ziarah ke makam para ulama Karawang yang ada di Pesantren Darul Ulum, Babakan Pojok, Desa Cinta Asih, Kecamatan Pangkalan, Karawang, Jawa Barat. Minggu, 13/12/2020.

Sebanyak 18 santri baik anak-anak maupun dewasa, melakukan dzikir dan doa bersama secara hidmat di depan makam KH. Hasan Basri, KH. Ali Mundziri, KH. Ahmad Badri, KH. Zainal Abidin dan makam para Kyai lainnya yang merupakan para pejuang dan pendiri salah satu pondok pesantren sallafi tertua di Karawang yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum yang telah menorehkan ribuan para alumni hingga saat ini.

Usai berziarah dan bermalam di area makam yang lokasinya berada di bagian belakang pesantren, para santri kemudian dihibur oleh pengasuh, Ustad Taufik, untuk berwisata air di kolam renang dan rumah makan “Empang Sari” Loji, Karawang.

Ustad Taufik yang akrab disapa “UT” oleh para santrinya, ia mengatakan, bahwa ziarah ini adalah sebagai bentuk pembelajaran sekaligus mengenalkan kepada para santri tentang para ulama-ulama terdahulu yang banyak berjasa berjuang untuk agama sekaligus kiprah turut serta membangun negara melalui pendidikan akhlak dan keagamaan.

 

“Semoga para santri bisa mengambil kimah dan semangat untuk kita tiru suri tauladan dari para ulama terdahulu dalam berdakwah maupun ikut andil membangun negara dibidangnya masing-masing kelak jika mereka sudah pada dewasa,” tutur UT, disela-sela usai berdzikir dan berdoa di area makam.

Masih ujar UT, “siangnya sebelum kita pulang, Insya Alloh kita ajak mereka untuk olahraga renang skaligus makan bersama di wisata Empang Sari, Loji, Karawang,” terangnya.

Dilain tempat, saat berada dilokasi wisata air dan rumah makan Empang Sari, pihak pengelola,  Fauzi mengaku sangat senang dengan singgahnya para santri di tempat wisatanya.

“Semoga dengan datangnya rombongan para santri yang telah berziarah ke makam para ulama, tempat kami jadi berkah,” ujar Fauzi.

BACA JUGA :  Mengaku Lalai Nyimpan Limbah Medis Sembarangan, Seorang Dokter di RSUD Karawang Menantang Siap Dicopot

Fauzi bercerita, bahwa untuk situasi sekarang ini (pandemi Covid-19) para pengunjung tiap Sabtu-Minggu tidak seramai dulu. Ia berharap, semoga pandemi cepat berlalu agar suasana bisa cepat kembali normal. (Red)