TOPIKKITA.COM | GARUT, JAWA BARAT – Paska ramai di publikasikan lama tak masuk kerja dan dugaan kejanggalan pengelolaan keuangan Desa, Kusmana Kades Sukamenak dan BPD menggelar rapat internal, sementara Media tidak diperkenankan meliput. Desa Sukamenak berada diwilayah Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Kamis (26/12/2019).


Usai rapat, Kusmana kepada media mengatakan, “Saya menggunakan Hak Jawab terkait pemberitaan di media masa, Saya sering tak masuk kerja di karenakan melaksanakan kegiatan pemerintahan di luar kantor desa, ini juga untuk kepentingan warga Sukamenak. Warga sudah beberapa bulan kekuarangan air, salah satunya urusan air yang dipergunakan warga yang berada di kawasan daerah Tasikmalaya. Saya sering bolak balik ke Tasikmalaya. Desa Sukamenak berbatasan langsung dengan Tasik, ya kerja di lapangan ini juga untuk kepentingan masyarakat,” kata Kusmana.


Masih ucap Kusmana, “Walaupun tak masuk, saya pastikan pelayanan publik tetap berjalan,” ungkapnya.


“Selain itu, belakangan ini saya bersama salah satu anggota BPD sering bolak balik ke Provinsi untuk proses pengurusan beberapa bantuan yang di proyeksikan akan diterima oleh Desa Sukamenak, seperti bantuan untuk sarana madrasah dan Program Pisew yang diproyeksikan akan diterima pada tahun depan. Ada beberapa Bantuan Provinsi (Banprov) yang sedang di urus,” ujar Kades.


Kusmana menjelaskan, terkait pencairan dana yang di lakukan oleh Kades, karena kondisi bendahara pada saat itu sedang sakit. Pencairan sebelumnya juga pernah, hanya di lakukan oleh bendahara sendiri. pencairan oleh kades atau bendahara sendiri bukan berarti ada masalah, pengelolaan keuangan Desa di lakukan oleh Bendahara sesuai regulasi.


“Barusan telah rapat internal antara Pemerintah Desa Dengan BPD, alhamdulilah clear, tak ada masalah. Ini hanya miss komunikasi dan hanya kesalahpahaman belaka,” jelas Kades.


Sedangkan beberapa kegiatan pemberdayaan belum di laksanakan, karena beberapa waktu lalu warga di sibukkan dengan kebutuhan air, karena kemarau. Jadi, banyak faktor yang mengakibatkan belum terlaksan. Kegiatan – kegiatan yang belum terlaksana akan dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan. Jelas Kusmana, meyakinkan dihadapan awak media. *(Hidayat)