Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi, H. Sobirin saat berikan pesan dalam sambutan

TOPIKKITA.COM | CIKARANG TIMUR, BEKASI – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cikarang Timur, adakan acara Pisah Sambut Kepala KUA yang baru dan yang lama. Acara dilaksanakan di ruang Aula Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada pukul 13.30 sampai dengan selesai. Rabu (25/11/2020).

Dalam acara yang berlangsung kurang lebih satu jam ini, Drs. H. Agus Sujadi yang tadinya menjadi Kepala KUA Cikarang Timur, di rotasi ke KUA Kecamatan Serang Baru. Sedangkan yang menggantikan posisi Kepala KUA Cikarang Timur diduduki oleh Drs. H. Asep Muchtar yang sebelumnya di Serang Baru.

H. Agus Sujadi dalam penyampaian sambutannya mengatakan bahwa ia berarti menjabat di Cikarang Timur hanya selama dua tahun enam bulan dan tiga tahun lagi ia akan masa purna (pensiun). Dirinya juga dalam kesempatan pisah sambut ini memohon maaf bila ada kesalahan – kesalahan selama menjabat.

“saya mohon maaf kepada bapak ibu, para penyuluh, pak Kesra dan bapak ibu yang dikantor terhadap kesalahan – kesalaha saya. Nanti pengganti saya yang baru lebih energik dan lebih muda,” tuturnya.

Drs. H. Agus Sujadi (kanan) dan Drs. H. Asep Muchtar (kiri, gunakan masker)

Sementara itu, pengganti H. Agus Sujadi, Drs. H. Asep Muchtar yang tadinya dari Serang Baru ia juga menyampaikan, mengajak kepada para segenap yang terkait di KUA Cikarang Timur untuk bisa bersinergi dalam kepemimpinannya kedepan.

“Kepada para Amil, Kesra, dengan kepemimpinan saya, yo’ kita bersinergi untuk bekerjasama. Jangan sungkan – sungkan menyampaikan kritik demi kebaikan. Juga kepada Camat atau perwakilannya semoga kita bisa bersinergi kedepannya,” pinta H. Asep dalam sambutannya.

Camat Cikarang Timur yang diwakilkan oleh Kasubag, Acep mengatakan bahwa dirinya menyambut baik atas kehadiran Kepala KUA yang baru. Bahwa H. Asep adalah temannya waktu sekolah dulu.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi, H. Sobirin dalam awal sambutannya membacakan penggalan ayat Alqur’an “Qulillaahumma maalikalmulki tu’tilmulka man tasyaa’u, watu’izzu man tasyaa’u watudzillu man tasyaa’…” menurutnya, bahwa substansi kegiatan ini ada pada ayat tersebut, karena alur kegiatan / karir sudah ada guratannya sebagaimana termaktub pada ayat tersebut.

BACA JUGA :  Pemkab Bekasi Dianggap Lamban Beri Keputusan, Warga Telajung Kembali Memanas

“saya ucapkan terimakasih atas pengabdiannya, atas prestasinya. Semoga jadi kenangan pribadi bagi masyarakat Cikarang Timur. Mudah – mudahan torehan karya H. Agus disini semuanya positif dan bernilai ibadah. Saya ucapkan juga, selamat kepada H. Asep untuk bertugas di Cikarang Timur. Saya lihat, catatan H. Asep dalam bertugas sangat bagus. Tapi jangan cukup puas hanya disitu,” ujar Kepala Kemenag.

Masih tutur H. Sobirin, “sebagaimana ayat tadi, bahwa jabatan ini bisa menyeret kita kepada kemuliyaan dan bisa juga menyeret kepada kehinaan, tergantung kita dalam mengembannya.

Beberapa pesan yang disampaikan H. Sobirin, diantaranya :
1. Kita semua ini adalah pelayan, kalau kita menyadari bahwa kita adalah pelayan masyarakat, akan terhindar dari sifat congkak, takabur dan sombong.
2. Kita di KUA adalah kepanjangan dari Kantor Kementerian Agama, oleh karenanya harus bisa menjaga dan menyelaraskan dalam fungsi tugasnya. Sebagaimana pesan dari Kepala Kanwil, yaitu kita harus mempunyai sifat integritas, kejujuran, profesionalitas, inovasi dan tanggung jawab.

Dalam acara ini selain dihadiri oleh Kepala Kemenag, Kasubag, Kasi Bimas Islam, dua kepala KUA yang pisah sambut, Kasubag Kecamatan, juga dihadiri oleh segenap stap KUA, beberapa perwakilan penyuluh agama dan para amil perwakilan tiap – tiap desa. (TS)