Para Penyuluh Agama Islam (PAI) peserta Diklat berpose bersama usai ikuti pelatihan

TOPIKKITA.COM | Bekasi – Kementerian Agama (Kemenag) Kab.Bekasi dalam hal ini Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) yang dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS menyelenggarakan kegiatan “Edukasi Literasi Keuangan dan Bimbingan Pengelolaan Keuangan Untuk Majlis Taklim,” sekaligus “Pelatihan Pendamping Program Gerakan Maghrib Mengaji” yang menjadi salah satu program kerja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kegiatan ini dihadiri oleh utusan tiap – tiap kecamatan sebanyak tiga orang ( Penyuluh kordinator kecamatan, penyuluh pengentasan buta huruf Al Qur’an dan penyuluh Keluarga Sakinah ), bertempat di Aula Yayasan An Nadwah, Tambun Selatan. Kamis siang (05/12/2019).

Ketua Pokjaluh, H. Satim Widodo ketika membuka acara, dirinya menyampaikan, “Kegiatan ini sangat penting sekali, karena kegiatan pola hidup masyarakat sangat konsumtif, untuk pengaturan dan pengelolaan keuangan sangat penting dalam kehidupan rumah tangga di masyarakat untuk efisiensi penerapan keuangan dalam rumah tangga agar tercipta keluarga sejahtera,” Ujarnya.

Peraturan Menteri Agama (PMA) Tahun 2019 Pasal 3 poin G yang belum lama ini sudah di syahkan yaitu tentang “Pemberdayaan Ekonomi Ummat”, nah, acara kita ini ada korelasinya dan sangat bermanfaat untuk kehidupan keluarga dalam bermasyarakat di tiap – tiap majlis taklim.” Jelas H. Satim, sesaat sebelum membuka acara.

Nara sumber dari Bank BJB Syariah saat menyampaikan materi

Kegiatan ini di isi oleh pemaparan pembicara dari Bank BJB Syariah tentang Edukasi Literasi Keuangan dan Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga untuk Majlis Taklim.

Sekretaris Pokjaluh, H.Rafiudin memberikan ulasan singkat, “bahwa salah satu program Kementerian Agama se Indonesia adalah “Belajar Rahasia Nikah”, salah satunya adalah tentang bimbingan pengelolaan keuangan keluarga. *(red)