Pentingnya Rujuk Dalam Ikatan Cinta

  • Whatsapp
Achmad Suhaeri, Ketua FKPAI Kabupaten Bekasi

TOPIKKITA.COM | BEKASI – Kata-kata rujuk atau ruju’ biasa terdengar ketika mahligai ikatan cinta kasih antara dua insan pria dan wanita dalam sebuah pernikahan sedang berada diambang perpecahan atau perceraian.

Kita ketahui bersama, bahwa dengan adanya pernikahan dalam agama Islam salah satu tujuannya adalah untuk mengikat jalinan kasih dua insan agar tercapai tujuan dari pernikahan yaitu meneruskan keturunan dan menggapai kehidupan yang bahagia sebagaimana iringan doa yang sering terucap, agar sakinah, mawaddah wa rohmah.

BACA JUGA :

Akan tetapi, tak jarang dalam sebuah pernikahan sering terjadi selisih faham kedua belah pihak yang mengakibatkan keretakan hubungan rumah tangga bahkan berujung dengan perceraian yang pada akhirnya hal tersebut berdampak banyak hal khususnya kepada anak yang menjadi korban perceraian.

Dari fatalnya permasalahan rumah tangga antara suami istri yang sulit menemukan jalan tengah, hingga akhirnya sang suami jatuh kata dengan mentalak istri, yang artinya hubungan rumah tangganya sudah berada di ujung tanduk mengarah kepada perceraian.

Akan tetapi keduanya belum bisa dikatakan cerai, karena masih ada jarak waktu satu sama lain untuk saling evaluasi diri dengan berpisahnya sementara waktu. Dan bila keduanya di kemudian hari ada keinginan untuk islah (berdamai) dan diutarakan oleh suami, maka itilah yang disebut rujuk.

Pos terkait