TOPIKKITA.COM | BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi berharap Pasangan terpilih (Pinilih) Abang Mpok (Ampok) Kabupaten Bekasi 2019 dapat menjadi duta Wisata dan Budaya yang nantinya dapat mempromosikan potensi wisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bekasi, Juhandi mewakili Bupati Bekasi dalam membuka acara Perhelatan malam Grand Final pemilihan Abang dan Mpok (Ampok) Kabupaten Bekasi yang digelar di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Minggu (22/12/2019).

Juhandi menambahkan, ajang pemilihan Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2019 ini adalah upaya Pemerintah Daerah untuk menjaring calon Abang Mpok yang mempunyai performa terbaik yang berjiwa sportif dan tanggung jawab, bertekad bulad, pantang menyerah serta berpijak pada pandangan moral.

Lebih lanjut, kata Juhandi para finalis yang terpilih nantinya haruslah memahami berbagai hal. Baik yang berkaitan dengan struktur pemerintahan, sosial budaya, sejarah, pariwisata, tata busana, serta public speaking. Untuk itu ia meminta agar para finalis dapat meningkatkatkan terus pengetahuan dan keterampilan abang mpok dengan disiplin dan rasa tanggung jawab yang besar.

Terakhir Juhandi juga menyampaikan selamat bertugas kepada para finalis dan berharap perwakilan Abang Mpok terpilih dapat mewakili Kabupaten Bekasi ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Selamat kepada pemenang Abang Mpok Kabupaten Bekasi semoga dapat mewakili Kabupaten Bekasi di tingkat Provinsi, Nasional bahkan International, serta bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai Abang Mpok Kabupaten Bekasi dengan tanggung jawab” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Rahmad Atong menjelaskan ajang pemilihan Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi hakekatnya adalah upaya membangkitkan kesadaran warga Bekasi khususnya generasi muda dalam perwujudan masyarakat yang berbudaya.

15 pasang finalis telah terpilih diberikan pembekalan seperti public speaking, kebudayaan, dan pengetahuan mengenai Kabupaten Bekasi. Pembekalan tersebut diberikan dengan tujuan agar finalis dapat bersikap profesional dalam menjalankan tugas sebagai duta pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bekasi, mencerminkan sikap citra positif bagi masyarakat dan mempromosikan aspek pariwisata Kabupaten Bekasi yang akan mereka jalankan selama satu tahun kedepan.

“Saya berharap para finalis dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai duta dalam hal menyampaikan informasi tentang program Pemerintah  dengan mendukung,  mempromosikan potensi cagar budaya yang ada di Kabupaten Bekasi termasuk wisata,” tutupnya.

Perlu diketahui bahwa Malam Grand Final pemilihan Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi telah menetapkan pinilih Abang Mpok Kabupaten Bekasi Tahun 2019 dimana Dewan Juri menetapkan Abang Emran yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Cikarang Utara dan Mpok Sanny perwakilan Kecamatan Cibitung.

Keduanya berhasil menyisihkan 30 finalis yang sebelumnya diikuti 185 peserta dari perwakilan 23 kecamatan.

Berikut Nama-Nama Pemenang Abang Mpok Kabupaten Bekasi Tahun 2019 dengan kategori sebagai berikut :

Wakil 1 : Abang Kascar dan Mpok Rafika, Wakil 2 : Abang Eza dan Mpok Syania, Harapan 1: Abang Fikas dan Mpok Sasa, harapan II : Abang Jadi dan Mpok Farida, Berbakat : Abang Rizki, Abang, Hidayatulloh dan Mpok Eva. Favorite : Abang Admira dan Mpok Midah, Foto genit : Abang Hasan dan Mpok Inneke, Persahabatan : Abang Bagas dan Mpok Riska. *(Mld)