PB KAMI Gerudug Kejagung Minta Tangkap Koruptor Di Kemendag

TOPIKKITA.COM | BEKASI – akarta-Pengurus Besar Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PB KAMI) melakukan aksi di depan gerbang Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, untuk menyuarakan agar membongkar tuntas kasus impor besi atau baja pada jajaran petinggi di Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementrian Perdagangan (Kemendag). Rabu (05/10/2022).

“KAMI mendukung Kepala Kejaksaan Agung dalam penegakkan hukum. Berani tegakkan hukum ke atas, jangan ke bawah,” Ujar Ketua Umum PB KAMI, Sultoni, dalam orasinya.

Diapun mempertanyakan slogan Kepala Kejagung yang menyebutkan, Tajam Keatas dan Humanis kebawah. Sultoni juga merasa ada kejanggalan antara Jampidsus dengan Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Veri Anggrijono.

“Ada hubungan apa Veri Anggrijono dengan Jampidsus. Bukankah bapak Jaksa Agung Burhanuddin selalu mengatakan, Kejaksaan dalam menangani perkara akan tajam ke atas, humanis ke bawah. Lalu mana buktinya? Ayo pak Jaksa Agung, buktikan di kasus impor besi atau baja ini. Buktikan dengan menetapkan Veri Anggijono sebagai tersangka,” Ungkapnya.

Dalam rilisnya PB KAMI menyatakan Veri yang menandatangani izin impor besi atau baja pada tujuh perusahaan importir (PT BES, PT ISBS, PT PAS, PT PMJ, PT JAK, dan PT GAJ). Yang akhirnya bermasalah secara hukum. Surat perjanjian impor besi atau baja ditandatangani Veri Anggrijono antara lain pada 13 April 2017 (kepada PT DSS), dst.

“Pada 24 Februari 2022, Veri telah dipanggil resmi jaksa penyidik untuk diperiksa pada Selasa 1 Maret 2022 di Lantai 3 kamar no 1 Gedung Bundar Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung. Surat panggilan pemeriksaan ditandatangani Direktur Penyidikan (Dirdik), Supardi, yang kini menjabat Kajati Kepulauan Riau,” katanya.

“Kekebalan hukum terhadap Veri, jelas melukai hati nurani rakyat Indonesia yang mendambakan asa persamaan dihadapan hukum,” Pungkasnya.

Pos terkait