TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Akibat minimnya perhatian dari pemerintah Desa, warga Desa Sahu Kecamatan Taliabu Utara Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, yang notabene petani, kembali bergotong royong untuk membangun jembatan penyeberangan sungai di dusun Mangga Dua.

Pembangunan jembatan oleh warga Desa Sahu yang dikerjakan pada hari Rabu, 25/12/2019, merupakan giat yang kesekian kalinya setelah menyelesaikan 3 unit jembatan lainnya dilokasi yang sama, serta jalan Tani dengan anggaran diperkirakan ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan warga setempat yang ikut dalam giat pembangunan menuturkan, bahwa pembangunan jembatan di Mangga Dua adalah inisiatif masyarakat, sehingga dari segi anggaran dipungut dari kemampuan masyarakat sendiri.

“Setau saya, kita kerjakan jembatan ini anggarannya dari warga, kalaupun ada donatur dari yang lain itu saya kurang tau karena bahannya datang begitu saja dibawa sendiri oleh warga,” Terang Budiman saat dikonfirmasi Via Whatsap oleh Media ini.

Warga lainnya yang enggan di sebutkan namanya menyampaikan bahwa, meskipun volume pekerjaan masih tahapan dasar atau fondasi, namun dipastikan akan terus berlanjut hingga selesai. Meski dari segi anggaran sangat terbatas, namun warga sangat antusias untuk mengikuti proses pekerjaan hingga selesai, agar secepatnya digunakan saat beraktifitas dikebun, karena masyarakat Desa Sahu rata rata adalah petani.

“Pastinya akan selesai, bisa dilihat sendiri, saat hari pertama dikerjakan saja pondasinya tengah hari sudah selesai. Begitu juga anggarannya. Karena kalau tidak, aktifitas kita juga kekebun akan terhambat, jadi berapapun biayanya kita akan terus berupaya untuk proses pembuatannya, lagipula sudah beberapa unit jembatan selesai dari patungan masyarakat, ” tuturnya. *(Hermawan)