TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Pemerintah Daerah Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, kini telah memiliki 1 Unit Mobil Pemadam Kebakaran ( Damkar ) yang baru. Tentunya, kehadiran mobil Damkar itu diharapkan bisa menjadi solusi untuk masyarakat Pulau Taliabu khusunya Ibu Kota Bobong dan sekitarnya jika terjadi kebakaran.

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Pulau Taliabu, Haruna Masuku, kepada media ini mengatakan, mobil damkar yang baru didatangkan beberapa hari lalu merupakan mobil damkar yang diadakan oleh Pemda pada tahun anggaran 2019 senilai kurang lebih 1 Milyar rupiah.

Kata Haruna, mobil Damkar yang baru saja tiba beberapa hari lalu langsung di uji coba oleh petugas damkar sekaligus dilakukan pelatihan pemadaman kebakaran di desa Ratahaya, Kecamatan Taliabu Barat yang didampingi langsung oleh 2 orang instruktur dari perusahaan penyedia mobil tersebut.

“Uji coba itu bertujuan untuk melatih seluruh anggota pemadam kebakaran sehingga mampu menggunakan mobil operasi pemadaman kebakaran. Agar dalam melaksanakan tugas-tugas pemadaman dilapangan dengan baik dan cepat,” ungkapnya. Sabtu (21/12/2019).

Lanjutnya, dalam simulasi yang dilakukan, anggota damkar yang di pimpin oleh Danton Damkar, Anto, mempraktekan mobil pemadam yang bermuatan air kapasitas 3 Ton dengan kekuatan jarak pancar air tempuh mencapai 70 sampai 80 meter.Haruna menambahkan, meski di kabupaten Pulau Taliabu ini bukan merupakan potensi kebakaran yang cukup tinggi, tetapi sebagai kantor yang bertugas untuk memadamkan kebakaran tetap berihtiar untuk melakukan pelatihan lebih awal.

“Yang pastinya kami tidak meminta adanya kebakaran terjadi, tapi jika ada kebakaran, minimal sudah ada pelatihan dasar untuk memadamkan api,” Tutupnya. *(Hermawan)