TOPIKKITA.COM | CIKARANG PUSAT, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka meramaikan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ibu Tahun 2019 di Kabupaten Bekasi. Beberapa acara diantaranya seperti Gerak Jalan, Senam dan Pemberian berbagai penghargaan dan hadiah kepada para tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bekasi, dilaksanakan di Plaza Pemkab Bekasi, Jumat (6/12).Sebelumnya, juga telah diselenggarakan Donor Darah Kabupaten Bekasi (Dokasi) yang dilakukan oleh staff dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Berlangsung di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Jumat (29/11), yang lalu.Gerak Jalan yang diprakarsai oleh Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kamis (5/12), yang lalu mengawali rangkaian acara. Dibuka langsung oleh Ketua TP PKK, Holilah Supria Atmaja.Dilanjutkan, Jumat (6/12), dengan senam sekaligus pemberian hadiah, pemeriksaan kesehatan gratis dan penyerahan penghargaan. Diprakarsai Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, yang diberikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah, Uju.
“Hari Kesehatan Nasional, diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah,” jelas Uju.Tema peringatan HKN kali ini yaitu, Generasi Sehat Indonesia Unggul. Hal itu, sejalan dengan strategi pembangunan kesehatan yang telah Pemkab Bekasi lakukan. Melalui tiga pilar, yakni paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan nasional. “Melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, dan program JKN. Bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor,” imbuhnya.Lebih lanjut, Uju mengharapkan, apa yang telah diperjuangkan nantinya dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Serta, akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka, menjadikan Indonesia negara yang maju, makmur dan sejahtera. “Saya berharap, agar rangkaian makmur dan sejahtera. Saya berharap, agar rangkaian kegiatan ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat. Dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bekasi yang sehat,” ujarnya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Bekasi, Ida Farida, saat diwawancarai menyampaikan, kegiatan tersebut serentak dilakukan dari TP PKK tingkat Pusat, Provinsi, hingga Kabupaten dan Kota. Lebih lanjut, tujuan kegiatan tersebut agar perempuan di Kabupaten Bekasi sehat, terjalin silaturahim, dan ajang berbagi informasi.“Ini adalah rangkain dalam rangka peringatan Hari Ibu. Hari ini, Gerak Jalan yang diprakarsai TP PKK, besok ada dari Dinkes, lalu puncaknya tanggal 22 Desember. Kita harapkan perempuan di Kabupaten Bekasi menjadi perempuan yang tangguh, yang sehat. Sesuai visinya, Berdaya Menuju Indonesia Maju,” katanya.Dirinya mengharapkan, perempuan di Kabupaten Bekasi menjadi perempuan yang mandiri. Serta, dapat mengurus suami dan anak-anaknya dan jangan merasa malu untuk berolahraga. Serta, perempuan dapat mengambil perannya masing-masing.“Perempuan di Kabupaten Bekasi jangan pernah malu untuk berolahraga, kadang kadang di plosok plosok ini masih malu malu. Ini kan kelompok senamnya, dari ibu untuk ibu dan ibunya menjadi sehat. Jangan sampai menunggu penyakit datang, karena dengan senam itu kita happy,” tutupnya.*(Humas Pemkab)