Dr. Heni Setiawati

TOPIKKITA.COM | KARAWANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang diduga telah melakukan kelalaian membuang limbah medis sembarangan tanpa safety, tidak memiliki kontrol kepada para pegawainya, sehingga membiarkan bahan yang termasuk limbah infeksius tergeletak di sembarang tempat. Selasa 25/08/2020.

Dr. Heni Setiawati selaku Kepala instalasi K3 di dampingi Supangkat selaku stafnya beserta Ruhimin Humas RSUD Karawang ketika di konfirmasi awak media topikkita.com mengatakan, bahwa limbah medis itu memang seharusnya tidak ada di tempat seperti itu, seharusnya itu ada di dalam box khusus di ruangan sampai nanti ada pihak yang mengambil sampah medis yang sudah terkumpul.

Dengan tegas dan lantang, Dr.Heni Setiawati berujar, “Saya mengakui telah lalai dalam pengawasan, namun kami juga sudah memberikan himbauan kepada seluruh karyawan terutama dari cleaning servis, agar lebih berhati-hati. Saya sudah himbau karyawan, saya sudah coba berkordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, lalu apa lagi..?! Kalau saya harus di copot atas kelalaian ini, saya pun siap.” Tegasnya.

Di tempat yang sama, Ruhimin selaku kepala Humas RSUD Kabupaten Karawang mengucapkan terimakasih kepada rekanan media atas informasi yang telah diberikan, sehingga dirinya akan selalu memperbaiki untuk pelayanan publik khususnya RSUD Kabupaten Karawang yang merupakan Rumah Sakit Pemerintah.

Ketika awak media topikkita.com mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang (Kadinkes) Plt Drg. Nanik Djojan, karena bersamaan dengan adanya jadwal rapat di luar sehingga dengan terburu-buru Kadinkes pun harus pergi. Namun dirinya mengarahkan awak media kepada Sekdinkes Kabupaten Karawang.

Yanto, Sekdinkes Kab. Karawang mengatakan, bahwa dirinya baru mengetahui adanya informasi sekitar RSUD. “Dulu saya juga pernah dengar, namun kalo yang ini mungkin temuan baru lagi, coba saya nanti akan berkordinasi dengan pihak RSUD,” ujarnya.

Yanto baru mengetahui hal pembuangan limbah medis yang di tempatkan di sembarang tempat. Dengan meminta sejumlah informasi, dirinya akan segera melakukan kunjungan ke RSUD untuk mendapat informasi lebih jelas dari pihak RSUD Karawang.

Sangat disayangkan, sampai berita ini diterbitkan, Kadinkes masih belum bisa dimintai keterangan untuk konfirmasi terkait sanksi yang akan diberikan atas kelalaian pegawai RSUD Karawang tersebut. (Sant)