Ruli Lesmana, Kepala Desa Karang Sambung umumkan hasil kesepakatan dengan pihak PT. Platinum

TOPIKKITA.COM | BEKASI, JAWA BARAT – Maraknya banyak pelamar kerja dengan cara menyogok sampai beberapa juta yang dilakukan oleh para oknum penyalur tenaga kerja, masyarakat yang dimotori para pemuda Karang Taruna Desa Karang Sambung, Kecamatan Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi lakulan aksi demonstrasi ke PT. Platinum yang ada di wilayah tersebut. Senin (27/01/2020).

Ratusan pendemo yang datang kisaran pukul 08.30 s/d 12.00 Wib siang yang juga banyak dari kalangan ibu – ibu itu berorasi di depan pintu gerbang halaman PT. Mereka menuntut beberapa poin terkait meminta kemudahan agar warga Karang Sambung bisa dipermudah dalam bekerja di PT yang ada di wilayahnya itu dengan tanpa harus membayar.

Setelah beberapa lama waktu para demonstran berorasi, akhirnya pihak manjemen mengajak mediasi dengan beberapa perwakilan, yaitu dari Karang Taruna, BPD, tokoh masyarakat dan di dampingi oleh Kepala Desa Karang Sambung, Ruli Lesmana.

Yusuf / Mpe (Karang Taruna) saat berorasi

Dari pantauan awak media Topikkita.com yang mengikuti proses berjalannya mediasi, awalnya berjalan alot dan sempat memanas karena pihak manajemen dua orang Ikbal dan Hendar yang baru menjabat tiga bulan tidak bisa memberikan keputusan dari tuntutan para pendemo.

Setelah Kepala Desa meminta agar dihadirkan pihak yang bisa menentukan kebijakan, akhirnya hadir dua orang selaku Jenderal Manager (JM) Syaiku dan Erna.

Setelah alot selama hampir satu jam lebih dengan suasana udara ruangan sangat panas, akhirnya managemen menyepakati beberapa poin permohonan dari pihak masyarakat dan dilakukan penanda tanganan di atas materai antara kedua belah pihak.

Proses penandatanganan kesepakatan antara pihak managemen PT. Platinum dengan pihak Warga

Kesepakatan tersebut diantaranya :

1. Penerimaan Tenaga Kerja melalui 1 pintu, yaitu melalui Karang Taruna Karang Sambung dengan tidak dipungut biaya.

2. CSR akan di salurkan ke masyarakat melalui Pemerintahan Desa.

3. Membuka peluang kepada masyarakat untuk menjadi Suplier ke PT. Platinum.

Ketika Kepala Desa Karangsambung, Ruli Lesmana, diatas mobil pengangkut sonsistem pendemo mengumumkan hasil kesepakatan dengan pihak Perusahaan, dia berkata ,

“Jika ada oknum aparat desa atau Karang Taruna yang memungut biaya untuk masuk kerja, laporkan ke saya, saya akan pecat orang tersebut !” ucap Ruli, tegas. *(TS)