TOPIKKITA.COM | BEKASI – Puluhan Mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang tergabung dalam Aliansi Dua Warna mengadakan aksi demonstrasi ke gedung DPRD Kabupaten Bekasi di komplek Pemda Kab.Bekasi, Jawa Barat. Jumat (18/09/2020).

Dalam melakukan orasi pada aksi tersebut aliansi dua warna meminta kepada ketua komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ani Rukmini untuk menjelaskan terkait statementnya disalah satu media yang menerangkan bahwa Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi yaitu Usep Rahman Salim telah diperpanjang masa jabatannya.

“Aliansi dua warna ini ingin meminta kejelasan terkait statement ketua komisi 1 yaitu bu Ani terkait perpanjangan masa jabatan Dirut PDAM Tirta Bhagasashi, karena diduga tidak terbukanya informasi terkait pengangkatan tersebut, dan kami ingin dibuktikan dengan diperlihatkannya SK perpanjangan masa jabatan Dirut PDAM TB tersebut,” ungkap Rico, Korlap GMNI.

“Kami disini juga ingin bertemu untuk melakukan audiensi dengan komisi 1 guna mempertanyakan dan mendapatkan jawaban terkait bagaimana mekanisme perpanjangan masa jabatan pak Usep selaku Dirut PDAM Kab.Bekasi,” terang Ade, selaku korlap PMII.

Ketua komisi 1 DPRD Ani Rukmini menjawab, bahwa statement dia merupakan hak bagi seorang anggota dewan ketika memang dimintai keterangan oleh wartawan, dan terkait mekanisme perpanjangan masa jabatan Dirut, itu bukan wewenang komisi 1. Melainkan hak perogratif seorang Bupati.

“Terkait statement saya ke salah satu media, itu adalah hak saya selaku anggota dewan. Dan disitu hanya ada saya sendiri. Tidak mungkin saya tidak memberikan tanggapan apapun. Lalu terkait mekanisme pengangkatan, itu tergantung Bupati. Karena itu merupakan hak perogratif beliau,” papar Ani.

Pada audensi tersebut dihadiri juga oleh Kabag Perekonomian Daerah Kab.Bekasi yaitu Gatot Purnomo yang diintruksikan oleh Bupati guna melakukan penilaian terhadap Dirut PDAM Tirta Bhagasasi.

“Saya diinstruksikan oleh Bupati untuk melakukan penilaian terhadap pak Usep selaku Dirut PDAM yang dalam hal ini pak Usep sebagai Dirut PDAM Tirta Bhagasasi memiliki prestasi yaitu urutan 6 Se-Jawa Barat. Hal itulah yang menjadi salah satu penilaian positif walaupun ada beberapa agenda kerja yang belum terlaksana,” jelas Gatot.

Ani Rukmini selaku ketua komisi 1 DPRD menghimbau supaya tidak ada berita simpang siur terhadap dirinya dan komisi 1.

“Saya harap setelah audiensi ini selesai, semua pertanyaan teman-teman mahasiswa terjawab dan saya pribadi beserta komisi 1 tidak ingin ada berita tidak jelas tentang kami.” Tutup Ani.

(Aldi)