Perwakilan dari Dinas, Sekdes dan LPM saat memberikan penjelasan kepada warga penerima manfaat rutilahu

TOPIKKITA.COM | BEKASI – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur mensosialisasikan kepada warga yang layak mendapatkan manfaat program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) bersama Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Bekasi.

Giat sosialisasi ini dilaksanakan di ruang aula LPM Desa Jatireja dihadiri oleh segenap para anggota LPM, beberapa perwakilan aparatur desa dan para penerima manfaat Rutilahu tahun anggaran 2020. Sabtu (13/06/2020).

Perwakilan dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman, Agus, sebagai kordinator fasilitator mengatakan, program Rutilahu ini tertuang dalam Peraturan Kementerian Sosial (Permensos) No 2 Tahun 2017 pada tahun 2020 ini sebanyak 60 Desa di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Di Desa Jatireja 25 unit rumah yang akan mendapat manfaat program Rutilahu yang pelaksanaanya Insa Allah nanti di bulan Juli 2020,” terangnya.

Di tempat berbeda, ketua LPM Desa Jatireja, Mirkas kepada awak media mengatakan bahwa warga Jatireja yang akan mendapatkan manfaat Rutilahu sebanyak 25 orang dari beberapa dusun. Diantaranya :

Para penerima manfaat Rutilahu

Dusun 1 ==> Kp Jati

  1. BP. Mulyadi
  2. Bp. Tisan
  3. Ibu Rini Aldiyati
  4. Ibu Sani
  5. Bp. Ayan

Kp. Citarik

  1. Ibu Katnah
  2. Ibu Yani
  3. Bp. Satim
  4. Bp. Enas
  5. Bp. Oman

Dusun 2 ==> Kp. Binong

  1. Bp. Rohmat
  2. Ibu. Atih
  3. Bp. Nasep
  4. Bp. M. Dana
  5. Ibu Sonah

Kp Rawa bangkong :

  1. Ibu Elah
  2. Ibu Sipit
  3. Ibu Suyati
  4. Ibu Sapnah

Dusun 3

Kp pamahan :

  1. Ibu Fitriani
  2. Ibu Siti
  3. Ibu Mamah
  4. Bp. Wasnadi
  5. Bp. Embing

Kp. Rukem

  1. Ibu Ini

Adapun secara detailnya dalam pelaksanaannya nanti, Saman Mahendra selaku anggota LPM memberikan ulasan bahwa nominal dari dinas untuk si penerima manfaat Rutilahu hanya sebesar Rp. 20 jt. Dengan rincian 17.500.000., untuk material, 2.500.000., untuk pekerja, dengan ketentuan ukuran bangunan rumah 6×5 m2. Tanpa ada sekatan di dalam rumahnya.

Ketua LPM Desa Jatireja, Mirkas (masker putih) dan para anggota

“Apabila penerima manfaat Rutilahu ingin ada penambahan bangunan, maka hal itu menjadi tanggungan pribadi,” ujarnya.a

Masih ungkap Saman, “saya berharap kepada kawan-kawan LPM dan juga termasuk RT/RW khususnya yang wilayahnya mendapat bantuan manfaat rutilahu agar bisa bersama-sama sinergi dalam mensukseskan program ini untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang mendapatkan manfaat rutilahu. Karena kita sama-sama tau, bisa jadi anggaran senilai 20 jt itu bisa jadi kurang memadai. Oleh karenanya semoga kita bisa saling bahu membahu bergotong royong untuk membantu,” pungkasnya.

AB/AM