TOPIKKITA.COM | BEKASI – Masjid tidak hanya sebagai tempat untuk menunaikan sholat ataupun tempat untuk merayakan hari besar keagamaan, tetapi juga dapat difungsikan sebagai pusat dakwah, pusat ekonomi masyarakat, serta pendidikan keagamaan. Karena itu, merawat masjid harus dilakukan secara fisik masjid, membina praktik keagamaan dan bernegara.

Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdlarul Ulama (PBNU) telah menginstrusikan LTM seluruh Indonesia untuk mengadakan Bersih-bersih Masjid (BBM). Instruksi tertuang dalam surat edaran Nomor 374/LTM-PBNU/II/2021 yang dikeluarkan pada Jumat (19/2).

Hal ini dilakukan LTM PCNU Kabupaten Bekasi dalam gerakan Bersih-Bersih Masjid Berkah Gratis (BBM Berkah) di Masjid Jami’ At-Taqwa, Sumberjaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan setiap Sabtu dan Ahad pagi. Minggu (28/03/2021).

“Bersih-bersih masjid merupakan bentuk nyata dari kerja LTM NU Bekasi yang mengabdikan langsung ke masjid-masjid yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata Kiai Syarifudin MD, Ketua LTM PCNU Kabupaten Bekasi.

Lanjut Kiai Syarif, “Ini merupakan BBM keempat di Masjid At-Taqwa, sebelumnya telah diadakan di Masjid At-Taufiq Tambun dan Masjid Kedungwaringin pasca banjir,’’ ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kerja bakti ini mendapat keberkahan dan kesejahteraan untuk dunia dan akhirat.

BBM merupakan program LTM PBNU untuk menggerakkan para takmir masjid dan musholla. Ketua PBNU KH Abdul Manan Ghani menyampaikan, peradaban manusia dimulai dari masjid, terbukti dengan dibukanya kota Madinah, pembangunan masjid menjadi hal utama yang dilakukan Rasulullah Muhammad SAW.
Karena itu LTM PBNU telah dan terus melakukan program pemakmuran masjid menjadi hal yang menarik bagi umat Islam. Menurut Kiai Manan, program BBM menjadi bagian dari tujuh aksi memakmurkan masjid. (Kefi/LTN)

BACA JUGA :  Ulama Sepuh Banten ‘Tubagus Ahmad Syadzili Wasi’ Beri Nasehat Khusus Untuk PCNU Kabupaten Bekasi