TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Dalam rangka mensosialisasikan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – PTKIN) kepada siswa/i SMA, SMK dan MA, Institut Agama Islam Negeri Ternate ( IAIN ) mendatangi Kabupaten Pulau Taliabu dengan mendelegasikan dua orang selaku Tim Sosialisasi. Yakni, Usman Nomay, S.Ag, M.Pd, (Dosen IAIN Ternate) dan Tomikal Dariatno, S.Pd (Staff Administrasi IAIN Ternate).

Lewat sosialisasi tersebut, mereka mendatangi siswa/i yang berada di tiga kecamatan yang ada di Pulau Taliabu. Kecamatan Lede, Kecamatan Taliabu Barat Laut dan Kecamatan Taliabu Barat. Dalam sosialisi itu, Usman Nomay, S.Ag, M.Pd, selaku dosen IAIN Ternate, ia memberikan arahan serta motivasi para siswa/i dan juga memperkenalkan profil Fakultas dan Program Studi yang ada IAIN Ternate.

“Perlu kami perkenalkan diri kami, Kami dari IAIN Ternate. Jadi, IAIN Ternate berubah statusnya pada tahun 2013 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Islam Negeri (IAIN). Kemudian IAIN Ternate juga tersedia 3 Fakultas, yaitu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Syariah dan Ekonomi Islam, serta Ushuludin, kemudian Adab dan Dakwah,” Jelasnya, saat memberikan pengantar perkenalan akademik di SMK Negeri 1 Taliabu Barat. Selasa, 21/01/2020.

Tak hanya memperkenalkan profil singkat dari IAIN Ternate saja, ia juga memberikan informasi tata cara melakukan pendaftaran penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020 – 2021 untuk siswa/i SMA dan sederajat dengan cara melalui jalur seleksi Prestasi Akademik Nasional yang pendaftarannya lewat online di alamat situs, SPAN-PTKIN.AC.ID.

Lewat kesempatan itu juga mereka memberikan buku dan Al – Qur’an kepada sekolah, TPQ dan Majlis Ta’lim.

Untuk di ketahui, Kampus IAIN Ternate beralamat di Kelurahan Dufa – Dufa, Kota Ternate. IAIN Ternate sendiri Di pimpin oleh Dr. H. Samlan Hi. Ahmad, M.Pd (Rektor).

Adapun Fasilitas dan keunggulan dari perguruan ini adalah ;

1. merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( PTKIN ) tertua dan satu – satunya di Maluku Utara.

2. Pepustakaan dengan kapasitas 36 ribu buku baik bahasa asing Arab – Inggris maupun literatur lainnya.

3. Free Wi-Fi di lingkungan kampus.

4. Ruang belajar yang representatif.

5. Laboratorium MIPA, Laboratorium Syari’ah, Laboratorium Bahasa, Micro Teaching Studio Musik.

6. Masjid Kampus.

7. Asrama Mahasiswa Putera dan Puteri.

8. Klinik Kesehatan Mahasiswa.

9. Memiliki Program Ma’had yang berfungsi memberikan bimbingan intensif tentang Pengetahuan Agama, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris kepada mahasiswasemester I dan II dalam bentuk pesantren mahasiswa.

10. Biaya SPP sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang menggunakan kategori sesuaidengan kemampuan masing-masing calon mahasiswa (melalui proses seleksi UKT).

11. Memberikan bantuan beasiswa seperti beasiswa berprestasi, beasiswa bidik misi, beasiswa mahasiswa miskin, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa tahfidz, beasiswa kajian keislaman dan beasiswa lainnya. *(Hermawan)