KUA Cikarang Timur Adakan Binwin 16 Pasang Calon Pengantin

Kepala KUA Cikarang Timur, Asep Muhtar (tengah) bersama dua fasilitator /pembicara dari Penyuluh Agama Islam Kabupaten Bekasi

TOPIKKITA.COM | BEKASI – Kantor Urusan Agama (KUA) Cikarang Timur di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi mengadakan Bimbingan Perkawinan (Binwin) kepada 16 pasangan muda – mudi calon pengantin yang akan menikah pada bulan September 2022.

Kegiatan ini berlangsung di gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cikarang Timur. Senin (22/08/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor KUA Cikarang Timur, Asep Muhtar menerangkan bahwa adanya Binwin ini adalah salah satu program dari Kemenag Kabupaten Bekasi agar para calon pengantin ini setelah nanti menikah supaya rumah tangganya tidak mudah retak atau terjadi perceraian.

“Makanya kami bina mereka dengan memberikan pembekalan keilmuan seputar rumah tangga bahkan terkait kesehatan dengan melibatkan petugas Puskesmas untuk menjadi pembicara yang nantinya bisa mereka ingat dan diimplementasikan setelah mereka menikah,” tuturnya.

16 pasang calon pengantin semangat mengikuti pembinaan perkawinan dari KUA Cikarang Timur

Kepala KUA juga menjelaskan, bahwa untuk saat ini pemerintah sudah mengatur melalui Undang – Undang pernikahan bahwa usia menikah untuk laki – laki dan perempuan sejak usia 19 tahun (sekitar lulus sekolah SLTA) yang dulunya Undang – Undang membolehkan sejak usia 16 tahun, maka itu sudah tidak berlaku.

“Dulu ketika dibolehkan usia 16 tahun, dari hasil survei sangat banyak terjadi perceraian dalam usia pernikahan sangat dini. Oleh karenanya, sekarang ini sebelum pernikahan maka calon pengantin wajib mengikuti bimbingan perkawinan pada KUA di tiap kecamatan,” pungkas Asep Muhtar.

Pos terkait