Gambar : ilustrasi

TOPIKKITA.COM | Cikarang Timur, Bekasi – Entah bersumber dari mana kepulan asap ini awalnya, belum diketahui pasti. Yang jelas sangat sesak bila terhirup dan tiba – tiba muncul pada malam hari di kampung Rukem RT/RW. 01/05 Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi. Jumat (22/11/2019).

Diketahui pertama muncul dan terasa sesak napas ketika menghirup udara, kisaran pukul 22.00 Wib disaat beberapa warga usai melaksanakan aktipitas rutinan pengajian. Namun tidak lama, selang setengah jam hilang. Tiba – tiba muncul kembali pada pukul 01.00 Wib dengan asap lebih banyak menyebar ke tengah – tengah lingkungan sekitar.

Sementara ada beberapa warga yang memiliki anak bayi yang baru lahir, juga banyak anak – anak usia balita.

Bahkan beberapa warga yang sedang mengadakan aktipitas rutinan pengajian merasa geram dengan adanya penyebaran asap yang menyengat dan sesak bila terhirup.

Dikatakan oleh seorang warga, bahwa kejadian ini bukan hanya baru kali ini saja, namun sudah sering terjadi tapi berjeda waktunya tidak rutin setiap hari. Beberapa warga menduga, kepulan asap ini bersumber dari pembakaran limbah sampah yang terselubung keberadaannya, masih di lokasi tak jauh dari kampung ini antara perbatasan desa Jatireja dan kelurahan Sertaya, tempatnya tak jauh dari lingkungan.

“Semoga pejabat – pejabat terkait tidak menutup mata, apalagi pura – pura tidak mengetahui dengan adanya pembakaran limbah sampah seperti ini, karena berdampak kesehatan dan kenyamanan orang banyak / masyarakat. Syukur – syukur aparatnya bisa menindak tegas sesuai undang – undang yang berlaku bila memang ditemukan pelanggaran dari pihak pelaku pencemaran udara yang berdampak ke lingkunga masyarakat ini.” pinta warga, geram. *(red)