Kemenag Lakukan Pemetaan Bagi Seluruh Penyuluh Agama Islam, Ada Harapan Cerah Bagi Penyuluh Honorer

  • Whatsapp
Uji tes para penyuluh agama Islam fungsional (PAIF) di aula kantor Kemenag Kabupaten Bekasi

TOPIKKITA.COM | BEKASI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan uji tes tulis dalam rangka pemetaan para penyuluh agama Islam fungsional (PAIF/PNS) maupun penyuluh agama honorer (PAH). Hal ini merupakan intruksi dari Kementerian Agama pusat.

Sebanyak 205 peserta penyuluh PAIF dan PAH mengikuti tes tulis wawasan kebangsaan di lokasi dua tempat yaitu di Aula kantor Kemenag dan ruang kelas sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1 Bekasi) Pilar, Cikarang Utara, dimulai sejak tanggal 23 Agustus sampai 03 September selama lima hari.

BACA JUGA :

Tanggal 23-24 Agustus, pelaksaan tes dilakukan di aula Kantor Kemenag untuk kecamatan wilayah Selatan Kabupaten Bekasi, selebihnya dilaksanakan di MAN 1 Bekasi, Pilar, Cikarang Utara.

Untuk hari ini (25/08) mencakup wilayah kecamatan Cikarang Timur, Kedung Waringin, Pebayuran, Cikarang Utara, Karang Bahagia, Tambun Selatan, Tambelang, Cikarang Barat dan Sukawangi. Selebihnya dilaksanakan pada Kamis, 26/08 ditempat yang sama.

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) dari PAIF Kabupaten Bekasi, H. Satim Widodo mengatakan bahwa kegiatan ini adalah program dari Kementerian pusat, akan tetapi pelaksanaan dan segala akomodasinya dengan sukarela bersumber dari swadaya para anggota penyuluh baik PAIF maupun PAH yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Bekasi.

H. Satim saat mengecek suhu tubuh para peserta penyuluh agama honorer

“bagi yang nilainya dibawah 65, maka nanti selanjutnya akan ada tes wawancara, termasuk PAIF,” ujar H Satim.

Masih terang H Satim, “Kedepan, dari hasil pemetaan ini para penyuluh agama non PNS akan disetarakan mendapat honor seperti PNS. Hal ini hanya tinggal menunggu waktu saja. Saya berharap, semoga covid ini cepat selesai agar bisa segera terealisasi,” terangnya.

H Satim juga berharap, agar dalam tes ini semuanya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan penyuluh agama Islam baik PAIF maupun PAH bisa lebih dalam lagi dapat memahami wawasan kebangsaan. (TS)

Pos terkait