TOPIKKITA.COM | BEKASI – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Ketua Lembaga Anti Narkotika Kab Bekasi Edi YP dapat tatap muka dengan Kalapas IIA Cikarang Kab Bekasi Nur Bambang Supri Handono, A.Md., IP., SH., MH., pada  Kamis, 24/09 di ruang lobi tamu.

Dalam pertemuan tersebut, Nur Bambang mengatakan sangat mendukung kehadiran dan pergerakan LAN di Kabupaten Bekasi untuk menyelamatkan anak-anak Bangsa dari pengaruh kenikmatan sesaat dan sesat narkoba, dan juga penanggulangan bahaya korban narkotika, lewat edukasi dan sosialisasi.

Nur dalam audensi tersebut mengatakan bahwa kapasitas penjara di LAPAS II A Cikarang sudah overload, di mana seharusnya hanya 1200 warga binaan, kini mencapai 1500 an warga binaan, dan bahkan dalam waktu dua mingguan hampir perkara narkoba yang masuk berkisar 40 an kasus.

“Penjara sudah overload, dan semoga dengan kehadiran LAN, dapat mengurangi jumlah yang masuk penjara, karena bisa di tangani dengan rehab, bagi penyalahgunaan narkotika,” Ujar Nur Bambang.

Di tempat yang sama Edi YP mengatakan kepada media, bahwa kehadiran LAN di LAPAS dan audensi dengan Kalapas agar mendapat penjelasan secara langsung bagaimana kondisi dan perkembangan warga binaan, dan dalam audensi tersebut Edi YP dapat informasi yang penting, yaitu

Informasi data WBP Lapas Cikarang per
Hari : Jum’at
Tanggal : 25 September 2020
Jumlah WBP : 1854
Jumlah kasus narkoba : 1161
Kapasitas : 1130
Kapasitas blok hunian : 236
Jumlah hunian perblok : 315

Maka dapat di simpulkan bahwa :

1. Jumlah warga binaan sudah overload, dan bahkan hampir setiap dua minggu sekitar 40 an masuk ke Lapas, karena kasus narkoba.

2. Sejak pandemi covid 19 keluarga tidak bisa membesuk, dan sudah enam bulan warga binaan tidak bertemu keluarga, dan bahkan untuk kiriman makanan saja hanya bisa satu kali, satu bulan, menghindari penyebaran covid-19.

3. LAN dipersilahkan mengajukan permohonan kerjasama, yang akan di laporkan ke Kanwil Propinsi terlebih dahulu, dalam kegiatan dan program yang ditawarkan.

4.Kalapas  mendukung sosialisasi banner LAN dengan tulisan Zona Bersih Narkoba, yang juga akan di pasang di wilayah LAPAS II Cikarang.

“Terima kasih buat sambutan dan dukungan Kalapas, semoga kedepan semakin bersinergi, agar warga binaan semakin menurun jumlahnya, dan tidak lagi overload” Ujar Edi YP. (Red)