Hermawan, Kabid Humas Ikatan Wartawan Online (IWO) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Wartawan Topikkita.com)

TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO ) Pulau Taliabu mengecam tindakan tidak terpuji oknum anggota Brimob Polda Maluku Utara (Malut) kepada wartawan Kabar Malut Yasim Mujair, saat hendak melaksanakan tugas peliputan.


Kabid Humas PD IWO Pulau Taliabu Hermawan Mangawai meminta agar pihak Kapolda Malut sesegera mungkin menindak anggotanya yang sudah melakukan tindakan penganiayaan.


“Saya meminta kepada pihak Polda Malut agar memproses oknum anggota Brimob yang melakukan penganiayaan terhadap Wartawan di Kota Ternate. Apalagi penganiayaan di lakukan oleh oknum Brimob ini diduga dalam kondisi dipengaruhi oleh minuman keras (miras),” Ungkap Hermawan kepada awak media. Minggu (29/12/2019).


“Sebagai seorang anggota Polri, pada dasarnya, dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia senantiasa bertindak berdasarkan norma hukum dan mengindahkan norma agama, kesopanan, kesusilaan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sedangkan yang dilakukan oleh oknum Brimob ini adalahbsikap yang berlawanan dengan tindakan seorang polisi, maka saya berharap masalah ini tidak berakhir denga kata maaf, tetapi melalui proses hukum yang berlaku,” tambahnya.

Ia juga berharap tindakan seperti tidak terulang kembali, kepada teman – teman wartawan yang ada di maluku utara dan di seluruh indonesia.

“Harapan saya semoga ini menjadi yang pertama dan terakhir kalinya, wartawan di perlakukan dengan tindakan yg tidak semena – mena seperti itu,” Harapnya.

*(red)