Kuraisia Marsaoly, Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu

TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan berhasil mendorong akreditasi empat Puskemas di wilayah Pulau Taliabu sepanjang 2019 lalu. 

Puskesmas yang dinyatakan lulus Akreditasi meliputi, Puskesmas Nggele, Losseng, Samuya, dan Gela.Hal itu disampaikan langsung oleh kepala dinas kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly.

“Empat Puskemas yang resmi diakreditasi itu meliputi Puskemas Losseng, Nggele, Samuya dan Gela, sejauh ini dari 8 puskemas dan satu rumah sakit yang dimiliki Pemkab Pulau Taliabu, enam puskesmas diantaranya sudah terakreditasi termasuk rumah sakit Bobong. Langkah akreditasi dari Komisi Akreditasi dari Kementrian Kesehatan bersama Tim Pokja Penilaian ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2015 yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk melakukan akreditasi terhadap seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kuraisia Marsaoly.

Diruang kerjanya, Selasa (07/01/2020) ia menjelaskan, tujuan utama akreditasi puskesmas yang dilakukan adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko.

“Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Namun lebih dari itu untuk menunjang penyelenggaraan Puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah Taliabu,” Ungkap Mantan Kabag Humas Pemkab Sula itu.

Sembari menambahkan, saat ini pihaknya telah menyediakan 10 dokter umum yang ditempatkan pada 8 Puskemas termasuk satu dokter spesialis yang ditempatkan di RSUD Bobong saat ini. *(Hermawan)