TOPIKKITA.COM | Pada tahun ini pelaksanaan Sensus Penduduk dilakukan dengan dua cara, yakni secara daring (online) dan door to door (offline). Cara pengisian data sensus penduduk online tergolong mudah.

Melansir dari BPS.go.id, dalam Sensus Penduduk Online (SPO) 2020, penduduk diharapkan dapat melakukan pengisian data diri dan keluarga secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id.

Berikut cara pengisian data sensus penduduk online melalui laman Sensus.bps.go.id yang topikkita.com rangkum dari tayangan Youtube BPS Statistics, Sabtu (29/2/2020).

Cara Pengisian Data Sensus Penduduk secara Online :

1. Siapkan dokumen – dokumen pribadi yang dibutuhkan.

2. Kunjungi laman sensus.bps.go.id untuk mengakses laman sensus penduduk online 2020.

3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).Pastikan NIK dan KK valid dan terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

4. Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik ‘cek keberadaan’.

5. Jika pertama kali mengakses SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu pilih ‘Buat Password’.

6. Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik ‘Masuk’.

7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik ‘Mulai Mengisi’.

8. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai.

9. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya.Kemudian, halaman selanjutnya mengisi keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal Anda saat ini.Kemudian Anda diminta mengisikan data tentang aktivitas sehari-hari.

10. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol ‘Kirim’.

11. Unduh bukti pengisian.Setiap anggota keluarga yang terdaftar di dalam Kartu Keluarga bisa mengisi sensus penduduk online. Bagi yang sudah pernah login sebelumnya, cukup memasukkan sandi saja.

Dokumen SPO dapat dilakukan kapan saja secara mandiri, pelaksanaan dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Berikut dokumen yang harus disiapkan untuk ikut serta SPO : Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah/Dokumen Cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

BPS menjelaskan, bahwa partisipasi masyarakat akan membantu pemerintah dalam mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir. Saat ini masyarakat bisa cek NIK dan nomor KK untuk memastikan bahwa telah tercatat di database untuk mengikuti SPO.

Sementara, bagi masyarakat dengan NIK dan nomor KK tidak tercatat, meski menunggu Sensus Penduduk Wawancara.Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli 2020.

Dalam Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) petugas akan mendatangi secara langsung. Tahap pelaksanaan Sensus Penduduk bulan Februari sampai Maret 2020.

Pelaksanaan Sensus Penduduk Online, Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui sensus.bps.go.id.

Evaluasi berkala Sensus Penduduk Online yaitu pada Juli 2020 meliputi Pelaksanaan Sensus penduduk Wawancara – Pemeriksanaan daftar penduduk – Verifikasi Lapangan (Ground Check) – Pencacahan Lengkap.

Pada Juli 2021 yaitu untuk Pelaksanaan Pencacahan Sampel, Pengumpulan data dan informasi kependudukan serta perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya. *(Erwin)