TOPIKKITA.COM | Bandung, Jawa Barat – Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Kabupaten Bekasi mengadakan giat “Orientasi Tugas” bagi para Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Bekasi. Pelatihan ini digelar di Hotel Gumilang, Setiabudi, Bandung, Jawa Barat. Selasa (03/03/2020).

Kegiatan Orientasi Penguatan Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama Islam (OPTIMA) yang di prakarsai oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Bekasi ini di ikuti oleh seluruh anggota PAI sebanyak 187 orang ditambah para Penyuluh Fungsional dari ASN dengan mengangkat tema : “Sinergitas, Integritas Dan Profesionalitas Penyuluh Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0”

Ketua panitia penyelenggara, H. Supriadi, S.Ag, MA, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk :

1. Meningkatkan sinergi, integritas dan profesionalitas para PAI,

2. Meningkatkan tugas dan fungsi PAI,

3. Meneguhkan arah gerak PAI, dan ke

4. Menyatukan gerak Penyuluh Agama Islam Kabupaten Bekasi dalam menjalankan fungsi Bimbingan Masyarakat.

“bentuk kegiatan yang diberikan kepada para peserta yaitu berupa pemberian materi dan tanya jawab, praktikum, diskusi, presentasi, resume dan ice breaking,” Papar Supriadi di saksikan Kepala Kemenag, H.Sobirin di depan seluruh peserta.

Dari keterangan ketua panitia, perlu diketahui, bahwa kegiatan acara ini bisa terlaksana adalah dengan anggaran swadaya dari para anggota penyuluh, dengan motto “Dari kita, oleh kita, untuk kita”. Lebih jelasnya yaitu dari kas Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), FKPAI dan dari donatur.

Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, H. Sobirin berharap kepada para Penyuluh agar dengan mengikuti kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas penyuluhan di masyarakat. Tidak kalah penting, juga bisa menjadi pemersatu dalam menjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai.

“Penyuluh Agama Islam harus tampil paling depan untuk menjaga ideologi Pancasila,” tegas Kemenag.

Kemenag juga berpesan kepada para Penyuluh, “tebarkan dan sampaikan agama Islam dengan Rahmatan Lil Alamin, jangan radikalisme,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, sekaligus juga diadakan Pelantikan Pengurus FKPAI Kabupaten Bekasi periode 2020-2025 yang di Ketuai oleh Ustad Suhaeri dari Kecamatan Karang Bahagia yang dikukuhkan oleh FKPAI Wilayah Jawa Barat yang dihadiri oleh Kabid Kemenag Kabupaten Bekasi, Kasie Bimas Islam, Ketua Pokjaluh, H. Satim Widodo. *(TS)