Fifian Ade Ningsih Mus, Kepala Dinas Pendidikan Pulau Taliabu

TOPIKKITA.COM | MALUKU UTARA – Guna meningkatkan kelestarian budaya, Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, melalui Dinas Pendidikan Pulau Taliabu bakal menggelar festival budaya yang akan melibatkan seluruh SD, SMP Se – Taliabu.

Kegiatan yang bakal di gelar selama 3 hari itu ( 28 – 30 Desember 2019 ) akan dihelat di gedung hemungsia dengan beberapa jenis lomba di antaranya, fashion show (Peragaan Busana) pakaian adat Taliabu, Tarian Yusa dan Tendang Lantai dengan peserta putra dan putri berjumlah 5/6 orang.

Adapun ketentuan lomba, fashion show (Peragaan Busana) pakaian Adat Taliabu dan dilanjutkan dengan tarian yusa dan tendang lantai adalah lomba ciptaan baru yang berangkat dari kreativitas sesuai dengan tingkatan usia dan psikolog anak.

Sedangkan untuk kriteria lomba yaitu ;

1. Peserta mempersiapkan satu karya seni

2. Materi yang ditampilkan adalah karya baru yang berakar dari budaya lokal masing-maspeserta

3. Menyerahkan sinopsis (penjelasan singkat tentang konsep)

4. Dalam sinopsis harus dituliskan (1) judul lagu; (2) tema karya; (3) pijakan karya:pencipta atau penata tari

5. Durasi karya 10-15 menit

6. Jumlah penari 5/6 orang

7. Setiap kelompok boleh terdiri dari atas laki-laki atau perempuan atau campuran.

Kepala Dinas Pendidikan Pulau Taliabu, Fifian Ade Ningsih Mus kepada media ini mengatakan, tujuan festival budaya di selenggarakan adalah untuk menjaga, serta melestarikan nilai – nilai budaya terkhusus budaya Taliabu.

“Saya pikir sangat penting kita sebagai generasi Pulau Taliabu untuk menjaga dan melestarikan budaya di Pulau Taliabu. Nah, untuk itu harus kita buat kegiatan – kegiatan seperti ini, supaya nilai – nilai budaya kita tetap terjaga dan tidak hilang digilas zaman,” ungkapnya, Kamis, 26/12/2019.

“Maka dari itu kami dari dinas pendidikan Pulau Taliabu memohon dukungan dan partisipasi serta keikutsertaan guna menyukseskan kegiatan Festival Budaya Pulau Taliabu tahun 2019 ini,” tambahnya. *(Hermawan)