TOPIKKITA.COM | BEKASI – Badan Pengurus Kelompok Ormas Oi Lemah Abang Kabupaten Bekasi (Bpkel Oi LA Kab. Bekasi), bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Donor Darah di kantor Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kab.Bekasi, Jl. Raya Teuku Umar No.49 Cibitung, Kabupaten Bekasi.
Minggu (05/04/2020).

Kegiatan Donor Darah ini bertema “Setetes Darah Untuk Jaga Bumi” Barang Siapa Memelihara Kehidupan Seorang Manusia, Maka Seakan-Akan Dia Telah Memelihara Kehidupan Semua Manusia, (QS.AL-MAIDAH:32),

Ketua Bpkel Oi LA, Fikri Alfirahmi menerangkan bahwa kegiatan Donor Darah ini seharusnya dilakukan serempak oleh Ormas Oi diseluruh Indonesia bahkan kelompok Oi diluar negeri. Berhubung dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia yang begitu cepat, maka Badan Pengurus Pusat Oi (BPP Oi) menghimbau kepada seluruh jajaran tingkatan pengurus mulai dari wilayah, kota/kabupaten dan kelompok, agar tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

“Maka kegiatan Donor Darah yang rencananya akan dilaksanakan serempak pada tanggal 5 April 2020 di batalkan,” Ungkap Ketua Umum BPP Ormas Oi, Hj. Rosana Listanto.

Bpkel Oi LA tetap melaksanakan kegiatan Donor Darah dikarenakan ada himbauan dari PMI Kabupaten Bekasi bahwa stok darah menjadi faktor yang sangat penting dalam proses pengobatan, khususnya kasus-kasus pendarahan, kecelakaan, DBD dan lain-lain.

“hati nurani saya merasa terpanggil dengan info dari PMI tersebut, maka dari itu Bpkel Oi LA tetap laksanakan kegiatan ini. Mohon ijin, mohon maaf sebelumnya para Pimpinan Ormas Oi maupun Aparatur Pemerintah,” jelas Fikri.

Masih penuturan Fikri, Akan tetapi kegiatan ini juga mekanismenya sudah diatur oleh pihak PMI Kab. Bekasi agar terhindar dari Covid-19,

“Alhamdulillah, kita mendapatkan 17 kantong darah, walaupun tidak sesuai keinginan kita, semoga apa yang sudah kita lakukan bermanfaat untuk banyak,” pungkas Fikri.

Ketua BPK Oi Kab.Bekasi, Abdulrohman biasa dipanggil Bang Dego, juga menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini.

“Yang jelas hari ini kita atas nama BPK Oi Kab.Bekasi dan jajaran, support. Sangat dukung dan sangat bangga dengan kegiatan tersebut. Semoga bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Endang Isnaeni selaku Recrutment Donor UTD PMI Kab. Bekasi menyampaikan,
“Insya Allah dari protokol di UTD itu sudah aman, jadi untuk memastikan para pendonor yang sudah mendonorkan darah, dari UTD menghimbau untuk langsung pulang kerumah masing-masing. Jadi tidak mampir kemana-mana, tujuannya adalah langsung ke tempat Donor Darah dan pulang juga langsung kerumah masing-masing,” ungkapnya. *(Bachtiar)