TOPIKKITA.COM | JAKARTA – Pasca hujan yang mengguyur dengan intensitas besar membuat jalan Patra Raya Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk tergenang hingga 30 cm. Selasa, (17/12/209).

Menggenangnya air di Jalan Patra Raya yang menjadi jalur aktivitas masyarakat ini membuat terhambat bahkan menimbulkan kemacetan, karena laju kendaraan berjalan jadi lambat dan memaksa menerjang genangan sedalam 30 cm.Aiptu.

Bambang Soepriadi, Bhabinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk dan Pelda TNI Ampa Uleng secara bersama sama memantau genangan sebagai langkah antisipasi mencegah kerawanan laju pengguna jalan yang melambat, serta banyaknya para penguna jalan lebih memilih putar balik menghindari genangan sehingga arus lalulintas menjadi macet.

Dengan adanya para petugas yang berwajib pada titik genangan di harapkan masyarakat tidak khawatir mengenai keamanan ketertiban terlebih masyarakat penguna jalan yang melintasi genangan banjir.

Meski lokasi tersebut menjadi langganan genangan banjir, namun tingkat kerawanan dan gangguan terhadap masyarakat yang melintas dengan kendaraan baik roda empat maupun roda dua menjadi lebih terjamin keamanan nya. Apabila ada kendaraan mogok di tengah genangan, kedua petugas yang berwajib ini juga tidak segan – segan membantu mendorong kendaraan tersebut ketempat yang tidak tergenang air.

Selain memantau genangan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga mengecek Rumah Pompa yang lokasinya tidak jauh dari jalan Patra dan melakukan koordinasi terkait proses penyedotan serta pengoprasian rumah pompa. Semua mesin mesin yang beroperasi dalam penyedotan dipastikan normal dan masih berfungsi dengan baik.

Debit air pada Kali Sekretaris cukup signifikan kencang, sehingga genangan pada sisi jalan Patra Raya pun tidak terelakkan meluap ke jalan.

*(Aris Putrajana)